Oleh: Dear Daniel, Nafies, dkk

Aircraft DJI Phantom series yang mengalami Fly away (hilang) karna kesalahan teknis pilot maupun karna kesalahan sistem bisa dicari dengan menggunakan data yang terekam selama penerbangan (data log).

Langkah darurat awal yang bisa dilakukan sesaat setelah Aircraft (AC) Fly away adalah dengan membuka/Load map di aplikasi DJI GO.  Langkah ini akan membantu dalam mempersempit area pencarian.  Dalam beberapa kasus Aircraft sudah bisa ditemukan dengan mengacu posisi terahir di map DJI GO.

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan posisi terahir AC yang lebih akurat maka diperlukan pengolahan Data Log yang telah terekam di gadget yang digunakan sebagai monitor.  Berikut cara menggunakan healthy drones sebagai mesin pencari drone yang hilang

  1. Ambil log penerbangan terakhir pada manajemen file gadget anda (file manager direktori dji > dji pilot > flight record). Contoh: DJIFlightRecord_2017-01-03_[22-26-10]
  2. Buka laman healthydrones.com kemudian pilih tab Upload
  3. Pilih file atau Drag and drop file log diatas ke laman upload healthydrones.com
  4. Centang I Accept The Terms and Privacy Policy kemudian klik tombol Upload
  5. Maka akan muncul catatan penerbangan drone anda seperti pada tautan
  6. Pilih tab Notifications

Pada catatan terbang ini pada kolom K ditemukan drone telah landing pada ketinggian 131.7 m dan 1.220 m dan landing pada koordinat tautan nampak seperti gambar berikut:

Selamat mencoba, semoga berhasil. Apabila anda mengalami kendala jangan ragu untuk menghubungi kami melalui menu kontak diatas.

Language